flatDunia teknologi memang tidak ada istilah tidur. Berkembang dan terus menyesuaikan pada situasi yang baru. Sehingga hampir setiap tahun, trend pada bidang ini akan memiliki pembaharuan. Masih teringat dan begitu mempesona sebelumnya, website di desain seolah olah memiliki volume dan dimensi, atau mudahnya bisa disebut 3D desain. Saat ini, trend telah berubah pada unsur yang lebih simple, flat, rapi dan bersih. Entah pelaku industri teknologi kah yang memunculkan trend ini, atau memang permintaan pasar yang sudah lelah melihat warna warna efek gradasi 3 dimensi?.

 

Seperti yang terjadi baru baru ini, google melakukan update pada logo perusahaannya, dengan konsep yang lebih flat, tidak hanya pada logo, perombakan pada tampilan halaman depan pun juga dilakukan secara bertahap. Selain google, yahoo pun juga demikian, pada laman yahoo internasional terjadi perombakan pada sisi desain user interface. Skype perusahaan penyedia jasa komunikasi online ini pun juga merombak logo dan tampilan webnya, dengan tetap mengusung warna perusahaan biru muda. Android, sejak versi 3.x sudah memulai perombakan desain ke sisi flat, dan bahkan di ikuti IOS yang di rumorkan menyerupai windows OS.

 

Mengapa FLAT ?
Mungkin anda bertanya tanya, kenapa flat? Karena ini dilakukan oleh banyak pelaku, maka bisa dikatakan sebagai sebuah trend. Dan, trend flat ini terjadi kemungkinan memang ada unsur lelah berlebih pada desain yang memiliki volume. Sebab jika kita melihat dari teori prinsip dasar desain, yang menjelaskan bahwa haruslah ada whitespace pada sebuah desain yang ingin dapat dinikmati oleh orang dalam waktu lama. Whitespace ini adalah lokasi dimana mata dapat beristirahat, nah pada desain Flat, kombinasi whitespace dengan elemen lain memungkinkan whitespace lebih banyak akan tercipta didalamnya, sehingga tingkat kejenuhan bisa dikurangi.

 

Bagaimana dengan website anda?

Sudahkah web anda berdesain flat? haruskan web anda berdesain flat? Berbicara tentang hal ini, tentunya kita akan kembali pada   selera, karena trend hanyalah sebuah trend, dan dilakukan oleh sebagian besar kelompok, namun tetap ada kelompok yang tidak melakukannya. Berbicara tentang bisnis, pasti kita akan berorientasi pada pasar, jadi tipsnya memilih flat atau tidak, kembalikan pada pasar yang anda tuju, lebih suka manakah mereka?

 

flatflatflat

 

Keyword: