Membuat Website dengan OKCMS v.1.0 – bg.1 (pengenalan + persiapan)

Hallo sobat DesainWeb 🙂

Alhamdulilah masih bisa berbagi sedikit pengetahuan saya yang semoga bermanfaat bagi kita khususnya seputar website. Jika sebelumnya saya pernah menuliskan artikel tentang 7 Sptep Membuat Website menggunakan WordPress, Kali ini saya akan mendokumentasikan tentang membuat website dengan OKCMS.

Sebelumnya, mungkin perlu sedikit saya perkenalkan, OKCMS merupakan kependekan dari OtakKanan Content Management System. Dimana merupakan salah satu produk DesainWeb.com (web devision of PT Otakkanan), dikhususkan bagi Anda yang memerlukan website company profil, personal website, bahkan bisa dijadikan media promosi toko online.

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Website

OKCMS merupakan CMS yang didesain dengan sederhana, powerfull, mudah dioperasikan oleh orang awam, tampilan website elegant, didukung oleh tim developer dari PT Otakkanan yang selalu inovatif, kreatif, dan optimis dalam mengembangkan produk, sehingga diharapkan  akan sangat cocok untuk Anda pemilik UKM yang belum terbiasa dengan produk-produk IT namun ingin Go Online! Ingin tau bagaimana MUDAHnya membuat website dengan OKCMS ? ikuti kisahnaya #lebay ah he he he 😀

Seperti biasa, sebelum membuat website, alangkah baiknya kita mendefinisikan terlebih dahulu, website apa yang akan kita buat. Sehingga diharapkan, pada saat proses membuat website akan lebih mudah. Mungkin 3 pertanyaan berikut akan membantu dalam persiapan membuat website.

  1. Website apa yang akan dibuat atau apa tujuan membuat website? (company profile, toko online, atau personal website),
  2. Layout atau tata letak dari konten atau isi website. (Misal tata letak menu, tata letak isi/informasi yang akan disajikan),
  3. Konten atau isi dari informasi yang akan ditampilkan di website (misal : profil perusahaan, produk dan atau gambar yang akan ditampilkan, kontak person, portofolio, menu-menu yang ingin ditampilkan, dan informasi lain yang ingin ditampilkan di website).

Setelah minimal ketiga pertanyaan diatas terjawab, usahakan untuk membuat coret-coretan/sketsa di atas kertas untuk selanjutnya dituangkan dalam website.

Pada kesempatan belajar membuat website kali ini, saya akan membuat website sebagai media promosi toko online. Toko online yang akan saya buat adalah toko bunga online di Sidoarjo.

Tata letak (layout) yang saya rencanakan adalah bagaimana agar informasi produk-produk toko bunga milik saya dan informasi kontak person mudah dilihat ketika pertama kali orang membuka website istilah kerennya eye cathcing :D. Mengapa saya menonjolkan kontak person juga? Karena saya membuat website sebagai media promosi, bukan sebagai toko online yang ada fasilitas shoping chart dimana fasilitas shoping chart memungkinkan order by system. Kalau website yang rencana saya buat belum ada system shoping chart-nya. (perlu diperhatikan, tata letak/layout ini juga bergantung pada theme/template website yang dipilih).

Selanjutnya, konten konten yang perlu dipersiapkan untuk proses belajar membuat website ini adalah gambar, konten profil / tentang kami, harga bunga, cara pemesanan, kontak yang bisa dihubungi, dan lain-lain.

Setelah persiapan selesai, makan bisa langsung memulai untuk proses membuat website dengan OKCMS. 🙂